Andre Opa; Membuat Label Rekaman Sendiri adalah Keniscayaan.

Juan Zerlinda. (SM/BB).

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com — Berbicara tentang industri musik dengan segala dinamikanya dengan Andre James Oscar Sumual (55) seperti menggarami lautan. Menurut Andre Opa — demikian Komisaris Independen PT. Perikanan Nusantara (Persero) itu biasa disapa — di masa kini, bahkan setiap individu, tanpa terkecuali, dapat membuat label records secara mandiri.

Oleh karenanya dia tidak heran bahkan seorang Andika Mahesa, mantan vokalis Kangen Band, itu mendirikan label records sendiri bernama Babang Tamvan Records.

Menurut Andre Opa, record label baru, yang berikhtiar mengorbitkan penyanyi baru, banyak bermekaran kiwari. Seperti jamur di musim hujan.

Selama lagu “aman”, dalam artian bisa diterima pasar secara luas. Lalu penyebaran lagu via radio harus bagus pula. Meski platform medsos telah banyak, keberadaan Radio ditimbang masih memegang peranan kunci. Jika kedua hal itu dilakukan, bukan tidak mungkin, sebuah single lagu, mempunyai kecenderungan dikenal dan diterima publik.

“Prinsip promosi adalah single lagu harus diperdengarkan seluas-luasnya. Itu harus dilakukan. Di saat bersamaan, sosial media bisa dimaksimalkan,” kata Andre Opa dalam rilis single Juan Zerlinda bertajuk “Cinta Tiada Batas” yang bernaung di bawah label Babang Tamvan Records, Jumat (19/2/2021).

Andre Opa menambahkan, jika kita berbicara kondisi iklim bisnis atau dagang, 5 – 10 tahun lalu iklim bisnis atau dagang di industri musik rekaman, sangat berubah dan berbeda sekali.

“Perhitungan label records saat itu lebih mudah. Sekarang yang penting di sosial media seperti YouTube dan Tiktok harus sekreatif mungkin dibuat,” katanya sembari menambahkan, berapa banyak belanja iklan yang harus dikeluarkan record label, sangat relatif sekali. “Promosi berbiaya besar bisa diakali,” imbuh dia.

BACA JUGA :  Nabung di bjb Tandamata SiMUDA Bisa Dapat HP, Kamera Sony, Hingga iPad Air Gratis!

Meski demikian, Andre Opa tetap memberikan apresiasi kepada Andika Kangen Band, dengan label records barunya dan penyanyi debutannya.

“Apalagi bikin lagu, rekaman dan bikin video klip hanya membutuhkan waktu selama lima hari, itu sesuatu,” katanya sembari berharap Andika mengurus label barunya dengan serius. “Karena bisnis harus diurus dengan benar. Meski saat ini setiap person bisa melakukan sesuatu secara privat,” katanya.

Andika menerangkan, latar belakang dirinya membuat label rekaman sendiri, bukan tanpa alasan.

“Kenapa harus bikin label Babang Tamvan Records, karena banyak label yang nakal dan tidak transparan. Sehingga merugikan artis. Karena itu, saya ngga mau merugikan artis saya. Semua harus fair,” katanya sembari menggandeng pihak kedua, Musicblast untuk urusan mempromosikan singlenya sebutan artisnya.

“Yang penting promosi sebisanya, sisanya urusan Allah. Intinya, saya berbisnis dengan kejujuran,” tekan Andika.

Bayu Randu dari Musicblast, yang mengurusi perkara distribusi single ini menerangkan, di era digital sekarang ini, treatment terhadap sebuah produk lagu sangat berbeda dalam hal promosi.

“Kita melakukan analisa sebaik mungkin. Harapannya belanja iklan menjadi efektif. Dengan cara pemetaan per-region. Kita punya tools yang bisa menganalisa perkembangan lagu di sebuah wilayah,” kata Bayu.

Juan Zerlinda sendiri, berharap single ciptaan Andika Mahesa dan Frando Wienarto, yang diabawakan mendapatkan sambutan positif publik. “Berharap yang terbaik,” kata mahasiswi Fak Psikologi, Unisula Semarang itu.

Juan ZerIinda adalah penyanyi muda kelahiran Semarang yang ‘ditemukan’ oleh Andika Mahesa. Gadis kelahiran 5 Juli 2002 ini, memang baru memiliki sebiji single. Tapi dia berharap, ke depan akan lahir single berikutnya.

Lagu ini bercerita tentang perasaan cinta yang mendalam dan tak mengenal batas dan waktu.

BACA JUGA :  PGBT Genapkan Bantuan APD 5000 PCS.

Andika bercerita, proses pembuatan lagu ini sangat singkat, hanya butuh lima hari, dari proses rekaman sampai pembutan video klip. (Bb-69).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *