Dukung Pengembangan Kawasan Borobudur, Pembangunan Anjungan Cerdas Perlu Dipercepat

Candi Borobudur di Magelang. (Foto Kemenpar)

JAKARTA- Untuk mendukung pengembangan kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur, perlu adanya percepatan pembangunan infrastruktur Anjungan Cerdas Magelang.

Hal itu disampaikan Rahman Hidayat, Asdep Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA) pada Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) di Jakarta, Selasa (16/2).

“Kami akan terus lakukan konsolidasi lintas sektor agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu,” ujar Rahman dilansir laman maritim.go.id.

Anjungan Cerdas Kabupaten Magelang merupakan salah satu proyek yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Kendal-Semarang-Salatiga-Demak-Grobogan, Kawasan Purworejo-Wonosobo-Magelang-Temanggung, dan Kawasan Brebes-Tegal-Pemalang.

Percepatan pembangunan anjungan cerdas ini diharapkan mampu mendukung pengembangan Kawasan Wisata Borobudur, mengingat pembangunannya masuk dalam Zona 4 Kawasan Wisata Borobudur yang hanya berjarak 7,8 kilometer. Pembangunan ini diperkirakan akan memakan nilai investasi sebesar Rp1,1 triliun.

Sebelumnya, Kemenko Marves telah melakukan kunjungan lapangan pada Selasa (9/2/2021) ke rencana lokasi Pembangunan Anjungan Cerdas di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pada kunjungan tersebut, Kemenko Marves didampingi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang beserta jajaran, juga perwakilan dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Tengah.

Di sela-sela kunjungan lapangan, Ketua DPRD Kabupaten Magelang menjelaskan bahwa Anjungan Cerdas Kabupaten Magelang akan difungsikan untuk beberapa hal. Pertama, sebagai tempat istirahat (rest area) dalam suatu rangkaian perjalanan. Kedua, tempat Informasi dan orientasi perjalanan dalam suatu kawasan. Ketiga, pusat informasi, pemasaran produk, dan potensi sumber daya lokal/setempat. Keempat, ruang informasi, edukasi, dan interpretasi Kawasan Budaya Borobudur dan Creative Hub–Culture Creative Space pengembangan ekonomi kreatif di kawasan Borobudur.

Anjungan Cerdas merupakan salah satu gerbang pintu masuk Borobudur, tetapi akan dibangun pula pintu gerbang di Blondo Mungkid, Kembanglimus, dan Klangon Kulonprogo. Untuk pembangunan Gerbang Palbapang sendiri, nantinya akan diintegrasikan dengan jalan tol dari Bawen menuju Yogyakarta.

BACA JUGA :  We Love Bali Digencarkan, Wisatawan Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Dalam pembangunan Anjungan Cerdas ini, pemerintah pusat bekerja sama dengan pihak ketiga, dengan melibatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang terkait perizinan. Saat ini pun sedang dibuat master plan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah. Rencananya, pembangunan Anjungan Cerdas Palbapang akan dibangun seluas 7 hektar. (red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *