Pemprov Jateng Gelar UKM Virtual 2021

Makanan khas Purbalingga. (SM/Dok)

SEMARANG – Ajang jualan online bagi usaha kecil mandiri, UKM Virtual Expo (UVO) 2021 akan dihelat pada 16-18 Februari. Gelaran ini berkaca pada kesuksesan ajang UVO 2020, yang berhasil mengantongi omzet hingga Rp4,4 miliar.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan, UVO 2021 bertujuan mendongkrak penjualan sektor UKM. Menurutnya, gelaran UVO cukup efektif memperluas jangkauan pasar hingga ke luar negeri, seperti Jepang, Singapura, Qatar, Hongkong, Macau, Belanda, Irak, Australia, Turki, dan India.

Ia menyebut, UVO 2021 akan dihelat secara reguler dua bulan sekali, dengan tema berbeda. Untuk mengaksesnya, warga dapat mengunjungi www.ukmvirtualexpo.com.

“Pada penyelenggaraan yang pertama fokus pada UKM makanan dan minuman. Pesertanya ada 150 UKM secara virtual, plus tujuh both yang dipamerkan di Lantai 1 Gedung Pusat Bank Jateng. Adapun, tema yang diangkat adalah Wonderfood UKM, Kudu Setrong-Say No To Nglokro,” paparnya.

Ema mengungkapkan, sektor UKM makanan dan minuman paling banyak terdampak pandemi Covid-19. Berdasarkan data, dari 36.095 UKM terimbas wabah, sekitar 68,4 persen berasal dari sektor ini.

Menurutnya, kesulitan di masa pandemi adalah, masih minimnya serapan pasar. Padahal bahan dan produk, tersedia. Melalui UVO 2021, Dinas Koperasi dan UKM Jateng berusaha mendobrak kebuntuan tersebut.

“Kami berusaha agar produk makanan dan minuman bisa menembus ekspor. Selama ini karena regulasi di masa pandemi, produk kita terhambat masuk ke pasar luar negeri. Padahal olahan UKM cukup diminati,” urai Ema. (H85)

 

BACA JUGA :  Hutama Karya Ubah Susunan Direksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *