Pakaian Seragam telah diatur dalam Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014

Kepala Biro Hukum Kemendikbud, Dian Wahyuni (SMJkt/Prajtna Lydiasari)

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Kepala Biro Hukum, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dian Wahyuni, menyampaikan bahwa dengan adanya SKB Tiga Menteri, Kemendikbud ingin mengingatkan kembali bahwa pakaian seragam telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

“Dalam Permendikbud tersebut telah diatur model seragam. Adapun SKB ini memperkuat aturan yang sudah ada dan mensosialisasikan kembali peraturan tersebut,” ujar Kepala Biro Hukum Kemendikbud, Dian Wahyuni.

Seperti diketahui, pemerintah telah menerbitkan Keputusan Bersama oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Lingkungan Sekolah yang Diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

“Berikan kebebasan orang tua dan peserta didik untuk memakai seragam tertentu sesuai agamanya sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Paudasmen), Kemendikbud, Jumeri.

SKB Tiga Menteri juga mendapat apresiasi dari Wakil Presiden Republik Indonesia karena dinilai telah terbit pada momentum yang tepat, sehingga diharapkan dapat mencegah agar persoalan serupa tidak terulang di kemudian hari.

Jumeri menyampaikan bahwa tujuan pendidikan adalah mencapai budi pekerti yang luhur. Oleh karenanya, sudah menjadi kewajiban sekolah untuk menanamkan nilai ketakwaan sesuai agama yang dianut peserta didik.

“Meskipun demikian, tetap tidak boleh memaksakan seragam kepada para peserta didik,” tuturnya. (nya/69)

BACA JUGA :  Pendidikan Vokasi yang Ajarkan Kompetensi Hanya Memiliki Pengaruh 20 Persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *