Sempat Alami Penurunan, Kini UNJ Raih Akreditasi Unggul

SMJkt/Prajtna Lydiasari

 

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Sempat mengalami penurunan menjadi akreditasi B pada 2017 akibat kasus plagiarisme, kini Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meraih akreditasi unggul. Hasil ini diperoleh setelah melakukan Reakreditasi perguruan tinggi pada 25-26 Januari 2021.

“Setelah turun ke akreditasi B pada 2017 lalu, kami sangat sedih. Ada yang bilang itu hukuman, tapi alhamdullilah dengan perolehan akreditasi unggul, perjuangan teman-teman terbayarkan,” ujar Rektor UNJ, Komarudin saat taklimat media di kampus UNJ, Jakarta, Jumat (5/2).

Berdasarkan Surat Keputusan BAN PT No.45/SK/BAN PT/Akred/PT/II/2021, dinyatakan bahwa Universitas Negeri Jakarta memenuhi syarat peringkat akreditasi unggul dengan skor 366. Status UNJ ini berlaku sejak 2 Februari 2021 sampai dengan 2 Februari 2026.

“Akreditasi unggul yang diraih oleh UNJ saat ini menunjukkan bahwa UNJ merupakan salah sat kampus terbaik di Indonesia yang memiliki berbagai prestasi yang dapat dibanggakan,” ungkapnya.

Dalam akreditasi kali ini, tim asesor menggunakan kriteria baru yang terdiri atas sembilan kriteria yang ditetapkan oleh BAN PT, yaitu pertama visi, misi, tujuan dan strategi. Kedua, tata pamong, tata kelola dan kerja sama. Ketiga, mahasiswa, keempat sumber daya manusia (SDM), kelima keuangan, sarana dan prasarana. Keenam, pendidikan, ketujuh penelitian, kedelapan pengabdian kepada masyarakat dan terakhir, luaran dan capaian tridharma perguruan tinggi.

Menurutnya, akreditasi unggul harus tetap dijaga, jika tidak mau kasus sama terulang kembali di masa depan. Apalagi, dirinya pun mengakui banyak poin-poin yang menjadi saran dari tim asesmen perguruan tinggi yang harus dibenahi kedepan.

“Kini saatnya kita menata kembali segala bidang. Baik regulasi, sistem informasi, tata kelola, teknis juga kita benahi. Sehingga ketika akreditasi tidak repot seperti ini. Tinggal liat dashboard saja. Kita buat web, di situ ada berbagai dokumen yang diperlukan,” tuturnya.

BACA JUGA :  KPAI Dorong Daerah untuk Jujur pada Data Kasus Covid-19 di Wilayahnya

Komarudin juga mengucapkan terima kasih kepada segenap sivitas UNJ yang telah membantu dan mendukung proses Reakreditasi ini. “Terima kasih kepada kekuary besar UNJ, baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni termasuk di dalamnya para mitra dan pengguna yang telah mendukung jalannya proses Reakreditasi UNJ ini,” pungkasnya. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *