Ratusan Paket Sembako Baznas Disalurkan

SM/Jatengprov

KUDUS – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menyalurkan ratusan paket bantuan dari Baznas RI dan Provinsi Jawa Tengah bagi warga terdampak banjir di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu. Bantuan tersebut, berupa 250 paket sembako bernilai Rp200 ribu 50 kardus peralatan mandi dan selimut.

“Mudah-mudahan bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak banjir. Terima kasih kepada Baznas RI dan provinsi,” ujarnya.

Terkait penanggulangan banjir, Hartopo berencana membuat embung pada wilayah tersebut. Rencana tersebut sebenarnya sudah ada sejak 2020, namun harus tertunda akibat refocusing anggaran terkait penanggulangan Covid-19.

“2020 sudah kita rencanakan pembuatan embung, ternyata ada refocusing untuk penanggulangan Covid. Di sini, tempatnya rendah maka harus ada tempat penyerapan, makanya perlu embung dan sodetan untuk aliran air,” ungkapnya.

Disampaikan, pembuatan embung direncanakan di dua titik, Kaliwungu dan Mejobo. Di mana, tiap embung akan memerlukan luas lahan sekitar tiga hingga empat hektare. Selain sebagai tempat penyerapan air, embung nantinya akan berfungsi untuk irigasi.

“Dua fungsi embung ketika musim hujan untuk penyerapan, kalau kemarau sebagai irigasi, jadi sangat bermanfaat. Kalau kondisi sekarang, penyerapan alami menunggunya agak lama,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, bupati berpesan, agar Camat Kaliwungu terus memantau kondisi wilayah dan kebutuhan warga yang terdampak banjir. (red)

 

BACA JUGA :  Jateng Raih Penghargaan Provinsi Terinovatif se-Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *