Sandiaga Uno Dorong Desa Wisata Indonesia Terapkan Standar Layanan Internasional

Menparekraf Sandiaga Uno. (Kemenparekraf)

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan akan mendorong dan mengembangkan potensi desa wisata di Indonesia agar memenuhi standar layanan bertaraf internasional.

Dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI yang digelar secara daring dari Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa (26/1/2021), Sandiaga menyatakan pihaknya akan mengembangkan desa wisata berbasis kearifan lokal dengan standar internasional. “Kami akan menggunakan benchmark global untuk pengembangan desa wisata, berbasis kearifan lokal namun juga memenuhi standar internasional. Jadi stay local but go global,” kata Sandiaga.

Sandiaga mencontohkan salah satu desa wisata yang menjadi acuan bagi pengembangan 244 desa wisata di Tanah Air tersebut adalah desa wisata di Semenanjung Istria, Kroasia. Kawasan desa wisata yang mengusung konsep rural tourism ini mencakup 20 kotamadya yang memperoleh pendapatan rata-rata lebih dari 881,4 juta Croatian Kuna atau Rp1,989 miliar dan nilai tambah 353,7 juta Croatian Kuna (setara Rp798,2 miliar) atau sekitar 40,13 persen.

Selain itu, Sandiaga menuturkan dalam upaya pengembangan desa-desa wisata ini, Kemenparekraf/Baparekraf akan menggandeng lembaga pendidikan tinggi dan lembaga penelitian lain yang ada di Tanah Air. “Kajian dampak pengembangan desa wisata ini rencananya akan dilaksanakan pada 2021 bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan lembaga penelitian lainnya,” katanya. (red)

 

BACA JUGA :  Sentra Vaksinasi di 'Cicalengka Dreamland' Bantu Percepat Herd Immunity.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *