BAZNAS Luncurkan Buku “Asa Mustahik Kala Pandemi”

Perwakilan BAZNAS menyerahkan bantuan kepada seorang pedagang. (SM/istimewa)

JAKARTA, SuaraMerdeka- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Layanan Aktif BAZNAS meluncurkan buku “Asa Mustahik Kala Pandemi”, secara daring melalui kanal YouTube BAZNAS TV, pada Senin (25/1/2021).

Buku “Asa Mustahik Kala Pandemi” berisikan tentang kisah-kisah tim Layanan Aktif BAZNAS di lapangan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Layanan Aktif BAZNAS merupakan tim yang melakukan kegiatan patroli rutin untuk memberikan bantuan kepada kaum dhuafa sebagaimana teladan Sahabat Nabi, Umar bin Khattab yang aktif mendatangi dan membantu kaum papa secara langsung.

Melalui sebuah karya buku, diharapkan apa yang telah dilakukan oleh Layanan Aktif BAZNAS bisa terdokumentasikan dan menjadi dokumen pengetahuan dan informasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, serta pihak-pihak yang membutuhkan literasi seputar layanan zakat.

Pimpinan BAZNAS RI, Achmad Sudrajat, Lc, M.A dalam sambutannya mengapresiasi peluncuran buku ini serta peran Layanan Aktif BAZNAS di tengah masyarakat. Menurutnya, di masa pandemi seperti saat ini, diperlukan langkah nyata untuk saling membantu masyarakat keluar dari krisis pandemi.

“BAZNAS memiliki layanan aktif yang ditugaskan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan. Saat ini pula di tengah pandemi covid, problem-problem kemasyarakatan sosial tumbuh berkembang dan kita sulit untuk menetralisirnya. Tetapi itulah realitas dan harus kita lakukan, terobosan-terobosan, karena itu BAZNAS memiliki tim atau pasukan yang disebut pasukan Umar Bin Khattab, yang selalu hadir dan datang kepada setiap insan manusia yang membutuhkan,” kata Achmad Sudrajat.

Ia berharap, berbagai langkah tim Layanan Aktif BAZNAS ini yang sudah melakukan berbagai kerja sosial akan membantu masyarakat bawah bisa terlepas dari himpitan kesulitan akibat pandemi, dan menghasilkan masyarakat yang sejahtera.

“Banyak cerita yang sudah dicatatkan oleh sahabat Umar Bin Khattab yang melakukan gerakan-gerakan pemberdayaan masyarakat dan pemberian gerakan kemanusiaan karena itu kita lihat sejenak ada cerita tentang Bu Sri, yang dengan gigihnya mempertahankan kehidupannya dengan sang suami. Melakukan kehidupan untuk memberikan yang terbaik buat keluarganya tetapi demi hidup, membuat beliau dan keluarga harus kerja keras untuk mempertahankan kehidupan,” katanya lagi.

BACA JUGA :  Irwasum Polri Pastikan Kesiapan Covid-19 Hunter dan Sarpras Isoter

Achmad Sudrajat pun mengambil contoh mustahik lain, yang terus berjuang untuk hidup di tengah kesulitan. Dia menyebut, BAZNAS melalui Tim Layanan Aktif BAZNAS selalu berupaya maksimal untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Di sisi lain kita melihat Pak Surahman, yang dengan keluarganya mereka melakukan juga mempertahankan hidupnya, tetapi mereka tetap bangkit dan percaya untuk melakukan yang terbaik. Sahabat-sahabat Umar Bin Khattab Layanan Aktif BAZNAS hadir menyapa mereka, dan masyarakat-masyarakat yang lainnya, karena mereka merupakan hamba-hamba Allah dan ini merupakan saham kita untuk berikan yang terbaik karena apa yang kita lakukan yang terbaik pada hari ini akan menjadi inventaris kebaikan kita di akhirat nanti,” ujar Achmad.

Layanan Aktif BAZNAS adalah program layanan darurat sosial untuk mustahik dengan model penanganan tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat penanganan. Hingga kini LAB telah direplikasi di 12 provinsi, 50 kota, dan 157 kabupaten untuk terus melayani masyarakat yang membutuhkan. (ami/69)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.




Enter Captcha Here :