Kemendikbud Dukung Kehadiran Dancow Kreasi Anak Indonesia

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim (SMJkt/Prajtna Lydiasari)

 

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendukung kehadiran Dancow Kreasi Anak Indonesia (DKAI) secara daring sebagai upaya menghadirkan solusi inspiratif baik bagi para pelajar, pengajar di sekolah, maupun orang tua untuk mengatasi kejenuhan yang diakibatkan oleh sistem pembelajaran jarak jauh dan ingin agar anak-anak terus berprestasi, berkreasi dan berinovasi.

“Kemendikbud mengapresiasi apa yang dijalankan Nestlé Dancow melalui program Dancow Kreasi Anak Indonesia yang mengajak para pelajar sekolah dasar untuk berpacu dengan berkreasi dan berinovasi sesuai dengan minat mereka di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, nutrisi, lingkungan hidup, serta seni dan kreativitas,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim.

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan guna menciptakan generasi muda yang kompetitif, kreatif, innovatif serta berkarakter baik dan berkualitas untuk mendukung Generasi Emas Indonesia 2045.

Dancow Kreasi Anak Indonesia tahun 2020 menjadi lebih istimewa kali ini karena menyasar cakupan yang lebih luas yaitu siswa-siswi kelas satu 1-6 SD. Berlangsung sejak bulan September, Program DKAI 2020 telah mengumumkan 40 ide kreasi terbaik, dimana para peserta menuangkan idenya ke dalam video presentasi berdurasi lima menit.

Dancow FortiGrow dan para juri tamu melaksanakan penilaian final untuk memilih tiga kreasi terbaik dari masing-masing pilar pada kategori kelas inovasi (1-2 SD) dan 20 ide terbaik untuk kategori kelas kreasi (3-6 SD). Program DKAI 2020 berhasil menuai antusiasme 1,705 pelajar Sekolah Dasar (SD) dari seluruh Indonesia.

“Saya sangat kagum melihat kreativitas yang tertuangkan di ide-ide yang terkumpul. Saya berharap DKAI dapat menginspirasi anak-anak Indonesia untuk lebih berani dalam mengekspresikan ide dan pemikiran mereka,” kata Perwakilan Juri DKAI 2020, Shahnaz Haque.

BACA JUGA :  Guru Profesional dengan Kompetensi Unggul Jadi Kunci Pendidikan Berkualitas

Shahnaz menjelaskan bahwa jika semua anak dengan bantuan orang tua dan guru dapat memupuk sejak dini kemampuan kognitif (associating), keingin tahuan (questioning), pengamatan (observing), melakukan jejaring (networking) serta melakukan percobaan (experimenting), maka potensi inovasi mereka akan berkembang pesat, dan mendukung kemajuan Indonesia di masa depan.

“Seluruh anak yang telah mengumpulkan idenya merupakan pemenang dan DKAI merupakan wadahnya kita merayakan kemenangan kita bersama,” jelasnya.

Pada kesempatan istimewa ini, Nestlé Dancow juga menyerahkan 10.000 paket nutrisi Dancow FortiGro. Nestlé berharap, kontribusi kecil ini dapat mendukung proses pembelajaran dan pertumbuhan anak-anak Indonesia secara optimal, terutama periode pandemi Covid-19 penuh tantangan ini.

“Kami percaya anak-anak memiliki peranan penting yang akan menentukan kualitas bangsa dimasa yang akan datang. Besar harapan kami, DKAI maupun berbagai program edukatif lainnya dari Nestlé dapat terus menjadi bagian dari proses pertumbuhan sang buah hati dan melahirkan inovasi yang membanggakan untuk masyarakat,” terang Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia, Ganesan Ampalavanar. (nya/69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *