Humas Pemerintah Harus Sebarkan Informasi Tepat Vaksin Merah Putih

Menteri Riset danTeknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), Bambang PS Brodjonegoro (SMJkt/Prajtna Lydiasari)

 

Jakarta, Suaramerdekajkt.com – Humas pemerintah memiliki peran penting dalam menyusun narasi informasi yang tepat mengenai vaksin Merah Putih Covid-19. Hal ini menjadi penting, bagaimana peran humas pemerintah merespon pandemi saat ini, untuk menyampaikan informasi yang tepat mengenai program pemerintah, khususnya vaksinasi.

“Humas pemerintah harus menyebarkan informasi yang tepat mengenai vaksin merah putih yang saat ini kita kembangkan, dengan narasi yang mudah dipahami masyarakat. Tidak perlu dengan istilah-istilah yang canggih,” ujar Menteri Riset danTeknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), Bambang PS Brodjonegoro baru-baru ini.

Saat ini, lanjut Bambang, masih terdapat disinformasi mengenai vaksin dan obat untuk Covid-19 yang mengakibatkan kesalahpahaman di masyarakat. “Masyarakat harus jelas antara vaksin dan obat. Obat diberikan kepada orang yang sakit, dan vaksin diberikan kepada orang yang sehat. Tidak mungkin herd immunity dapat terjadi, apabila tidak dengan adanya vaksin,” jelasnya.

Bambang mengatakan bahwa vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit, dalam hal ini Covid-19. “Karena kita akan terus hidup berdampingan dengan Covid-19 ini, tidak tau sampai kapan,” katanya.

Bambang berpesan kepada para anggota Bakohumas agar dapat memastikan kepada masyarakat dan mejelaskan secara jelas kepada masyarakat bahwa vaksin itu aman/safety, kemanjuran/efficacy, dan stabil/stability.

“Peneliti vaksin dan ahli kesehatan juga harus memantu meyakinkan bahwa vaksin ini aman, dengan data-data penelitian dan uji klinis yang benar,” pesannya.

Bambang menekankan komunikasi publik harus tepat sasaran, dan humas pemerintah berperan penting sebagai komunikator karena harus bisa merangkum informasi yang kompleks menjadi informasi yang akurat, sederhana dan mudah dipahami masyarakat. (nya/69)

BACA JUGA :  BSN diharapkan Jadi Salah Satu Elemen Strategis Bantu Kurangi Dampak Buruk Penyebaran Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *