Asah Kreatifitas di Kondisi Terbatas dengan Lomba Tari Kreasi Nusantara

JAKARTA, SuaraMerdekaJkt.com – Dalam rangka Hari Anak Sedunia, Yayasan Mekar Pribadi  melalui Festival Budaya Anak Bangsa tahun ke XII, bersama Swargaloka melaksanakan  Lomba Daring Tari Kreasi Nusantara Tingkat Nasional  hingga Minggu, 29 November 2020. WHO menetapkan 20 November sebagai Hari Anak Sedunia Tahun ini diperingati dengan tema menjaga imunitas dengan merasakan kebebasan berekspresi dan kebahagiaan.

 

Pemilihan Lomba tari secara daring ini menjadi salah satu terobosan untuk Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) agar anak dan remaja peduli, kreatif serta ikut memutus mata rantai penularan Covid -19. Selain itu, melalui gerak bersama, anak dan remaja belajar percaya diri; bertanggung jawab; tenggang rasa; solidaritas atau kesatuan kelompok dan berlatih memecahkan masalah. Kecerdasan sosial diatas adalah beberapa bekal amat penting yang diperlukan gen milenial untuk menghadapi tantangan dalam dasawarsa mendatang.

 

‘’Dalam kondisi yang serba terbatas ini, justru kita tetap harus berkreasi. Karena, esensi kreatifitas adalah kemampuan menembus batas melahirkan  sesuatu yang baru,’’ ungkap Oetari Noor Permadi, Ketua Yayasan Mekar Pribadi yang juga Ketua Penyelenggara FBS XII.

 

Lomba ini menterjemahkan arahan Presiden Jokowi agar terus berkarya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Menggali kearifan lokal untuk memperkuat kemampuan dalam menghadapi bencana. Arahan tersebut disampaikan melalui akun resmi Instagramnya, Senin (9/11).

 

Peserta berasal dari sekolah, sanggar atau komunitas, dalam satu kelompok 3 – 5 orang.                             Peserta wajib mengikuti  akun Instagram @mekar_pribadi @swargalokaart dan subscribe Youtube Mekar Pribadi dan Swargaloka Art. Rekaman video kelompok di e mail ke mekarpribadi@gmail.com.

Tema adalah tari kreasi Nusantara yang penuh semangat. Durasi penyajian video 5 – 7 menit.                Karya boleh kreasi yang sudah ada maupun ciptaan baru dan paling lambat hari Minggu,                               29 November 2020.

BACA JUGA :  Puisi adalah Roh, Harga Hidup, Nilai-nilai Baru.

Pengumuman Karya Terbaik dan Pentas Daring Lomba Tari Kreasi Nusantara akan dilaksanakan Sabtu, 12 Desember 2020.  Sebagai Juri  adalah Dosen Universitas Jakarta, Dosen Institut Kesenian Jakarta dan dari Yayasan Swargaloka.  Pemenang Juara dan Harapan mendapat Piagam Penghargaan Digital dan Uang Pembinaan dengan total jutaan rupiah.

 

Harapan juga disampaikan maestro musik peduli anak, Titiek Puspa. ‘’Anak- anakku semua, engkau adalah  harapan bagi masa depan dunia yang lebih adil, sejahtera  dan bahagia. Pantang menyerah asah kemampuanmu dan ingatlah untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. Semangat cinta dan doa dari Eyang’’.

 

Maudy Koesnaedi, aktris peduli anak berharap agar anak Indonesia dapat menikmati masa hidupnya dengan penuh bahagia, dan terus tumbuh menjadi manusia yang bermanfaat untuk sekitarnya.                             Aktris yang selalu tampil menawan dan dicintai banyak keluarga ini menyampaikan harapannya melalui instagram Mekar Pribadi .

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *