Panasonic GOBEL Kerja Sama Dengan Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN) Tingkatkan Kompetensi Teknisi Indonesia

Jakarta,Suara Merdeka.Com –Sebagai pionir industri elektronika yang berpengalaman selama 60 tahun di Indonesia, PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) terus berkomitmen untuk ikut serta dalam pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Untuk mengisi kebutuhan sumber daya teknisi di Indonesia yang selalu meningkat, Panasonic GOBEL kembali menggalang kerja sama dengan institusi pendidikan, kali ini Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN).
Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama (MoU) dan Seminar Pengetahuan Produk Air Conditioning, oleh Manager of Branch Banjarmasin PT Panasonic Gobel Indonesia, Widi Kurnianto dan Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN), Joniriadi pada Senin, 23 November 2020. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan, kemampuan penelitian, dan kompetensi para dosen serta mahasiswa, sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan berkompeten pada bidangnya.
Tomonobu Otsu, President Director PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT PGI dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan SDM unggul di Indonesia. Dari kerja sama ini diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki 3C (Competency, Communication, Character), yang tidak hanya berkompetensi tinggi, melainkan juga berkarakter dan komunikatif, sehingga mampu mengintegrasikan kompetensi dengan kebutuhan pelayanan.
“Kerja sama ini didukung pula oleh PT. Gobel Dharma Nusantara (GDN) dan PT. Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI). Diharapkan kerja sama ini dapat menciptakan sumber daya yang kompeten dan unggul di bidangnya dan terciptanya teknisi yang terampil di seluruh wilayah Indonesia, yang siap bekerja, terutama di bidang instalasi, perawatan dan reparasi,” kata Tomonobu Otsu.

Widi Kurnianto, Manager of Branch Banjarmasin PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, dalam kerjasama ini, baik tenaga pengajar maupun mahasiswa akan mendapat akses fasilitas seperti pembekalan teori, penelitian, pembuatan pass, kunjungan ke pabrik, serta lainnya. Agenda kerja sama pelatihan ini berdurasi selama tiga tahun, mulai Oktober 2020 hingga Desember 2023.
“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat, tidak hanya bagi perusahaan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dan perekrutan tenaga kerja, tetapi juga bagi institusi pendidikan dan mahasiswa. Dalam hal ini intitusi pendidikan dapat meningkatkan daya saing lulusannya berupa peningkatan ketrampilan hasil dan dari pembelajaran praktik langsung serta wawasan yang luas tentang teknologi baru”, ujar Widi Kurnianto.
Joniriadi, Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN) mengatakan, dengan adanya kerjasama ini diharapkan, para tenaga pengajar maupun mahasiswa dari strata D3 dan D4 mendapat ilmu baru yang bermanfaat untuk menjadi individu yang berkualitas.
“Kami merasa bangga dan berterima kasih kepada PT Panasonic Gobel Indonesia, yang telah memilih Poliban untuk membagikan ilmunya. Kami berharap lulusan Poliban memiliki kompetensi tinggi serta berkualitas, dan menjadi penguatan dalam bersaing bersama tenaga kerja Indonesia lainnya”, ujar Joniriadi.(bn/69)

BACA JUGA :  Pakar Komunikasi Sebut Efek Itikad Baik, Sebabkan Ratusan Kreditur IOI Ajukan Petisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *