Tingkatkan Pelayanan Peserta Didik Melalui Penyediaan Tenaga Pendidik Berstatus ASN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim dalam acara Pengumuman Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara virtual, Senin (23/11) (SMJkt/Prajtna Lydiasari)

 

Jakarta, Suaramerdekajkt.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa peningkatan hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh para guru. Ia menyebutkan tinggi rendahnya kualitas guru akan membedakan sekitar 53 persen hasil belajar siswa dalam beberapa tahun ke depan.

Berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik) jumlah guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tersedia di sekolah negeri hanya 60 persen dari jumlah kebutuhan seharusnya. Jumlah ini pun dalam 4 tahun terus menurun rata-rata 6 persen setiap tahun.

“Hal ini menyebabkan sulitnya tercapai pelayanan yang optimal bagi para siswa. Di sisi lain terdapat banyak guru non pegawai negeri sipil (Non PNS) atau guru honorer yang memiliki kompetensi yang sangat baik, namun kesejahteraan yang masih belum terjamin dengan baik,” ujarnya dalam acara Pengumuman Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara virtual, Senin (23/11).

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada para peserta didik adalah melalui penyediaan tenaga pendidik yang berstatus ASN. Oleh karena itu, salah satu pendekatan yang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) upayakan adalah melalui rekrutmen guru PPPK.

“Selain memastikan ketersediaan pengajar handal, kebijakan ini membuka peluang perbaikan kesejahteraan bagi para guru honorer di berbagai wilayah di tanah air, yang memang layak menjadi ASN,” tukasnya.

Upaya pemerintah ini, lanjut dia, telah ditempuh dengan koordinasi dan integrasi berbagai program dan kebijakan antar kementerian dan lembaga diantaranya mengenai peta kebutuhan, pengusulan formasi, kebutuhan alokasi anggaran. Untuk gaji, beserta tunjangan melekatnya, serta proses rekrutmen. (nya/69)

BACA JUGA :  Program Guru Belajar dan Berbagi Hadir sebagai Fasilitas Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *