Lestarikan Batik, Bupati Jepara Terima Penghargaan

SMJkt/istimewa

JEPARA – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memberikan penghargaan kepada Bupati Jepara Dian Kristiandi, atas dedikasinya terkait pelestarian batik Jepara.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya Undip Semarang Alamsyah di Pendapa Kartini Jepara, Jumat (20/11/2020). Selain Dian Kristiandi, penghargaan juga diberikan kepada pemerhati batik Jepara Hadi Priyanto, dan perajin batik Suyanti Jatmiko.

Alamsyah menyampaikan, agenda yang diusung dalam kegiatan ini adalah pemberian penghargaan kepada pribadi selaku individu atau yang memegang jabatan, yang oleh peneliti dipandang mempunyai kontribusi terkait dengan batik motif lokal Jepara. Penghargaan tersebut didasarkan riset selama tiga tahun melalui penelitian terapan unggulan perguruan tinggi (PTUPT), di bawah naungan LPPM Undip Semarang.

“Kami memandang Bupati Jepara Dian Kristiandi, berdasarkan pengamatan dan interaksi kami yang diukur dari komitmen terhadap industri kreatif batik cukup baik. Sehingga layak untuk mendapatkan penghargaan ini,” kata Alamsyah.

Ditambahkan, peran tersebut menunjukkan bentuk implementasi dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) selama masa jabatan bupati. Dari interkasi yang dilakkan peneliti, ada upaya sungguh-sungguh dari bupati untuk memajukan industri kreatif batik sebagai identitas lokal Jepara, di tengah meredupnya kemampuan mengukir masyarakat Jepara.

“Kami percaya perhatian beliau terhadap perkembangan batik motif lokal Jepara akan semakin meningkat,” katanya.

Apresiasi disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi kepada LPPM Undip yang telah memberikan penghargaan. Dirinya berkomitmen akan mengangkat kembali usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya batik yang mulai berkembang di Kota Ukir, dengan mewajibkan Aparatur Sipil negara (ASN) untuk mengenakan batik khas Jepara setiap Kamis dan Jumat.

BACA JUGA :  Kinerja Penyuluh KB Diminta Tetap Maksimal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *