RSGM-P FKG Usakti Resmikan Ruang Tindakan Rawat Jalan Tekanan Negatif

JAKARTA,Suara Merdeja.Com.- – Rektor Univeristas Trisakti (Usakti) Prof. dr. Ali Gufron Mukti, Msc, PhD meresmikan beroperasinya Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (RSGM-P FKG Usakti), rumah sakit khusus gigi dan mulut yang berfungsi sebagibtempat pelayanan juga tempat pendidikan bagi program dokter gigi dan dokter gigi spesialis. Seremoni peresmian dilakukan civitas akademika FKG di Kampus Usakti Jakarta, Jumat (20/11).

Gufron mengapresiasi usaha yang sudah dilakukan sehingga beroperasinya ruang Tindakan Rawat Jalan Tekanan Negatif ini. RSGM-P FKG Usakti lebih memiliki kapasitas untuk menyandang rumah sakit pendidikan khusus gigi dan mulut dibandingkan beberapa FKG milik sejumlah Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia.

Ia mengatakan, ini merupakan inisiatif dan terobosan yang bagus mengingat sejauh ini sudah lebih dari 160 dokter yang menjadi korban Covid-19 akibat kontak dengan pasien Covid-19 selama perawatan.

Sementara Dekan FKG Usakti Prof Tri Erri Astoeti mengatakan, fasilitas ruang perawatan bertekanan negatif sebanyak 27 ruangan dengan standar ruang isolasi tipe N ini didukung dengan ruangan donning dan doffing serta ruang ante dimana tekanan udara dalam ruangan negatif dirancang lebih rendah daripada tekanan udara di luar ruangan.

Dengan desain tersebut, kata Prof. Erri, aerosol yang terbentuk dari prosedur perawatan, akan ditarik keluar dau dalam ruangan isolasi melewati serangkaian filtrasi dan terakhir disaring dengan HEPA, sehingga udara yang keluar aman dan tidak mencemari lingkungan sekitar.

Ia meyakini, ruang perawatan ini dibangun dengan tujuan menjaga keselamatan pasien, keluarga dan operator. Selain itu juga untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 pada pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada pasien, dokter, perawat dan tenaga pendidikan.

BACA JUGA :  686 Nakes di RSUD Temanggung Terima Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

RSGM-P FKG Usakti menjadi salah satu pionir dalam pembentukan fasilitas ruang perawatan gigi dan mulut bertekanan negatif dengan standar ruang isolasi rumah sakit tipe N yang memberikan rasa aman sesuai peotokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Sementara Direktur Marketing PT Alsun Suksesindo Nicolas Kesuma mengatakan, PT Alsun Suksesindo mempunyai beberapa divisi produk seperti Atap metal segmen industri, floordeck segmen commercial.

Terhadap pembangunan ruang RSGM-P FKG Usakti sebagai Ruang Tindakan Rawat Jalan Tekanan Negatif, Nicolas mengatakan, RSGM-P merupakan yang pertama dibangun di Jakarta dan di Indonesia dengan standar rumah sakit rujukan Covid-19, dan ini luar biasa dan sangat bermanfaat untuk pencegahan Covid-19. “Dinding-dindingnya dibuatdengan spesifikasi sandwich panel anti api, anti bacterial,” kata Nicolas.

Selama pandemi Covid-19, segmen industrial, commercial, residential dan infrastruktur mengalami penurunan karena faktor daya beli masyarakat yang memang turun, secara otomatis pihak owner/developer menunda kegiatan ekspansi. Namun di segmen medical, pihaknya tumbuh sangat pesat karena mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk berpatisipasi dalam beberapa proyek bangunan isolasi maupun observasi dalam rangka penanganan Covid-19.

Pihaknya dipercaya pemerintah berpatisipasi dalam pembangunan Rumah Sakit Pulau Galang di Batam, Rumah Sakit UGM di Yogya dan yang  sedang berjalan adalah Rumah Sakit Adam Malik di Medan. New Normal adalah improvisasi dari old normal di mana prioritas utama adalah perhatian kebersihan dan kesehatan.

Rektor Univeristas Trisakti (Usakti) Prof. dr. Ali Gufron Mukti, Msc, PhD meresmikan beroperasinya Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (RSGM-P FKG Usakti), rumah sakit khusus gigi dan mulut yang berfungsi sebagai tempat pelayanan juga tempat pendidikan bagi program dokter gigi dan dokter gigi spesialis. Seremoni peresmian dilakukan civitas akademika FKG di Kampus Usakti Jakarta, Jumat (20/11).

Pihaknya juga telah melakukan prosedur new normal sejak awal pandemi dengan memberikan perhatian khusus kepada kebersihan, pemberian nutrisi serta mengimbau untuk terus menerus menjaga kesehatan masing  masing. “Harapan saya ke pemerintah daerah dan pusat agar cepat memberikan kepastian terkait pemulihan ekonomi dengan aktifnya kembali seluruh tatanan ekonomi,” ujar dia.

BACA JUGA :  Uu Ruzhanul Imbau Masyarakat Jabar Tidak Mudik Lebaran

Ia juga berharap agar seluruh masyarakat Indonesia lebih peka dan peduli terhadap visi Presiden Jokowi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (budi nugraha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.




Enter Captcha Here :