Komisi X DPR Sambut Baik Perubahan Regulasi Dana BOS untuk Daerah 3T

SMJkt/Ist

 

Jakarta, Suaramerdekajkt.com – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Anita Jacoba Gah menyambut baik perubahan regulasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

“Kami sangat setuju dengan perubahan regulasi untuk dana BOS, karena memang mekanisme seperti ini yang dibutuhkan untuk daerah 3T,” ujar Anita saat mendampingi Mendikbud melakukan kunjungan ke Kabupaten Rote Ndao.

Anita mengatakan yang terpenting perubahan regulasi ini adalah pengawasan penggunaannya sesuai dengan aturan pemerintah. “Kami harap, dana BOS ini betul-betul untuk daerah terpencil. Mohon regulasi ini diindahkan,” katanya.

Seperti diketahui, pada tahun 2021, anggaran dana BOS bagi sekolah-sekolah kecil di daerah-daerah 3T akan mendapatkan tambahan sebesar Rp 3 triliun. Sebelumnya, perhitungan dana BOS berdasarkan jumlah murid dan biaya per siswa disamakan.

Metode perhitungan dengan berdasarkan jumlah murid, tidak terlihat adil karena harus mengelola sekolah dengan besaran dana BOS yang kecil. Sementara itu, bagi sekolah yang memiliki jumlah murid besar akan diuntungkan karena dapat menikmati kemampuan ekonominya dan bisa memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. (nya/69)

BACA JUGA :  Hadiri Rapat Dengar Pendapat, BRIN Diminta Lakukan Konsolidasi Sumber Daya Iptek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *