Ini Harapan BAKTI Kominfo Setelah BTS 4G Desa Komodo Beroperasi.

Pulau Komodo,Suara Merdeka.Com. — BAKTI Kominfo kembali melakukan peningkatan dan penguatan kualitas jaringan terutama jaringan 4G di daerah wisata destinasi super prioritas Labuhan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu diwujudkan dengan peresmian BTS 4G di Kampung Pulau Komodo Desa Komodo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat.
Peresmian dilakukan oleh Menkominfo Johnny G Plate secara virtual,Kamis,(12/11).Lokasi peresmian tersebut berada disamping BTS 4G yang diresmikan tersebut.
Menkominfo meresmikan BTS 4 G tersebut dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.
Sementara Wagub Provinsi NTT Josep Noe Soe ikut mendampingi peresmian dari Hotel Inaya Bay Komodo Labuhan Bajo.
Sedangkan di lokasi BTS hadir langsung jajaran BAKTI Kominfo diantaranya Dirut BAKTI Kominfo Anang Latif,Kadiskominfo Provinsi NTT Aba Maulaka, Kepala Desa Pulau Komodo Muhammad Akhsan serta sekitar 150- an warga Desa Komodo.
Sebelum acara peresmian ditampilan tarian adat setempat “Arukele” yang mengisahkan warga adat mencari makan. Sedangkan saat kedatangan Dirut BAKTI Kominfo Anang Latif disambut tarian perang di Dermaga Kampung Pulau Komodo.
Seusai peresmian,Dirut BAKTI Kominfo Anang Latif menegaskan bahwa pembangunan BTS selalu berupaya mengcover populasi atau kawasan yang jadi tujuan.
” Jadi kalau menurut kajian,di Pulau Komodo ini terdapat penduduk di beberapa kawasan yang sangat membutuhkan layanan jaringan akses internet,ya BTS yang dibangun diusahakan bisa mengcover daerah itu,”kata dia.
Dirut mengungkapkan bahwa,BTS 4G yang diresmikan tersebut merupakan 18 BTS yang akan dibangun di Labuhan Bajo.” Ini satu dari 18,untuk BTS yang akan dibangun lainnya,akan dilihat dari kebutuhan.Kalau nanti dalam waktu yang cepat, kawasan Pulau Komodo membutuhkan lagi BTS, jelas itu harus direalisasikan,”paparnya.
Diungkapkan bahwa, dalam mendukung destinasi super prioritas wisata di Tanah Air, selain di Labuhan Bajo pihaknya bekerjasama dengan operator telah menambah kapasitas jaringan broadband.
” Termasuk di Danau Toba, Likupang, Borobudur dan Mandalika. Hal itu ditujukan guna melayani kebutuhan komunikasi wisatawan,”kata dia.
Dirut juga menambahkan bahwa
pihaknya terus mendukung pemerintah untuk memajukan pariwisata di seluruh Indonesia, dan secara khusus telah memperkuat dan menambah jaringan broadband 4G terutama di 5 destinasi super prioritas yang menjadi fokus pemerintah tahun ini.
“Hal ini mengingat bahwa potensi pariwisata Indonesia sangat besar ‎dan jumlah wisatawan dari mancanegara juga terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini juga untuk mendukung dan mendorong terbentuknya ekosistem digital di 5 lokasi tersebut,”ujarnya.
Untuk mendukung aksesibilitas jaringan broadband di 5 titik wisata super prioritas tersebut, BAKTI Kominfo terus menambah infrastruktur BTS 4G menjadi lebih dari 330 BTS 4G. Di kawasan Danau Toba, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 100% wilayah populasi yang di antaranya meliputi sekitar 90% wilayah populasi Labuan Bajo di mana di dalamnya termasuk area wisata Labuan Bajo, Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, Bandar Udara Komodo, dan Pelabuhan ASDP Komodo.
Selain itu di Mandalika, layanan 4G telah menjangkau hampir 100% wilayah populasi yang di antaranya meliputi Pantai Kuta, Panjai Serenting, Pantai Tanjung Aan, Pantai Keliuw, Pantai Gerupuk hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Khusus di wilayah KEK Mandalika menghadirkan layanan 4G LTE untuk mensukseskan ajang MotoGP 2021 yang akan diadakan di wilayah tersebut.
Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa perilaku komunikasi wisatawan kini sudah bergeser‎ dimana penggunaan layanan data untuk mengunggah foto dan video di tempat wisata lebih dominan dibandingkan penggunaan layanan SMS maupun suara. Selain itu, wisatawan juga seringkali memanfaatkan layanan data untuk melakukan perjalanan mulai dari mencari informasi tempat wisata, pesan tiket, dan melakukan pembayaran secara online. Selain itu, layanan data juga digunakan ‎untuk mengakses informasi seputar kuliner, pertunjukan seni dan budaya‎ yang ada di sekitar lokasi wisata.
Dari data tercatat bekerjasama dengan Telkomsel,BAKTI Kominfo telah membangun lebih dari 209.000 BTS dimana 160.000 di antaranya merupakan BTS 4G dan 3G. Selain itu, sekitar 14.990 BTS diantaranya adalah BTS di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) hingga perbatasan negara Indonesia.(bn/69).

BACA JUGA :  Kementerian PUPR Bangun Jembatan Antar Desa di Kecamatan Petir Kabupaten Serang Provinsi Banten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *