Semangat Pahlawan Masih Berkobar Dalam Jiwa Anak-Anak Papua

 

ANTUSIAS
Antusiasme dan kegembiraan anak-anak Papua pemenang lomba baca puisi dan mengambar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. (Foto: SuaraMerdekaJkt.com/Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III)

ANTUSIASME pelajar SD hingga SMP di wilayah Papua saat mengenang jasa para pahlawan, masih sangat tinggi. Hal itu terlihat ketika ratusan siswa-siswi mengikuti lomba menggambar dan membaca puisi pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2020.

 

Lomba  yang dilaksanakan selama tiga hari yakni 7 hingga 10 November tersebut, mengusung tema ‘Pahlawan dalam Diriku.’ Kegiatan lomba menggambar diperuntukkan bagi anak kelas IV sampai kelas VI tingkat SD. Sedangkan lomba baca puisi untuk anak usia SMP.

 

Kegiatan itu diinisiasi oleh Organisasi Masyarakat (Ormas) Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua, yang bekerjasama dengan Rumah Belajar Papua (Papua Hey). Acara tersebut digelar di Pendopo Igwa-Igwa Ondikeleuw Haleufoiteuw Hele Wabhouw, Jalan Bisteur Pos, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

 

“Semangat yang ditunjukkan anak-anak pada lomba menggambar dan membaca puisi sangat luar biasa. Hal ini menunjukan bahwa semangat pahlawaan masih berkobar dalam jiwa anak Indonesia, khususnya anak-anak Papua,” kata Ketua P5 Yanto Eluay dalam keterangan tertulis yang diterima oleh SuaraMerdekaJkt.com, Selasa (10/11).

 

Menurutnya, kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat kepahlawanan bagi anak-anak. Selain itu juga sangat bagus karena bisa  membangkitkan kesadaran siswa-siswi SD dan SMP akan kebesaran bangsa Indonesia dan Pahlawan Indonesia, khususnya yang berasal dari Papua.

 

Pria yang juga merupakan Ondofolo Kampung Sereh itu juga menyampaikan, Papua memiliki pahlawan yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karenanya, generasi muda dan anak-anak – baik dari tingkat SD sampai SMP – harus memahami serta mengetahui siapa saja pahlawan yang berasal dari Papua.

 

Sangat Penting

Di tempat yang sama, Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Achmad Fauzi menyampaikan, lomba dalam memperingati Hari Pahlawan sangat penting dibuat guna menanamkan rasa kebangsaan kepada anak-anak Papua. “Sehingga, generasi muda Papua khususnya – anak-anak pelajar baik SD dan SMP – dapat mencontoh semangat para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dan membangun Indonesia khususnya Papua,” tuturnya.

BACA JUGA :  Ketua MPR Dukung BAZNAS dan Gerakan Cinta Zakat

 

Dia juga mengajak para peserta untuk mencontoh dan menjiwai semangat para pahlawan yang telah gugur. Yaitu dengan terus belajar secara tekun untuk mencapai prestasi yang luar biasa, sehingga bangsa Indonesia dapat mencapai cita-cita nasional menjadi Indonesia Emas pada tahun 2045.

 

Adapun Issabella Gloria yang merupakan peserta yang menjadi juara satu lomba baca puisi, merasa sangat bahagia dan gembira. Sebab, dirinya tidak menyangka dapat terpilih menjadi juara satu dalam lomba baca puisi yang diikuti oleh ratusan pelajar SMP di wilayah Jayapura dan Sentani.

 

Karenanya, Issabella berharap agar kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan. Sehingga dapat diikuti oleh seluruh pelajar baik tingkat SD maupun SMP yang ada di Papua.

 

“Kegiatan semacam ini dapat mengasah kemampuan sekaligus untuk menunjukan bahwa anak-anak Papua juga mampu berprestasi dalam bidang seni,” ucapnya. Selanjutnya, para pemenang lomba menggambar dan baca puisi mendapatkan hadiah berupa sepeda, uang tunai dan sertifikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *