Perguruan Tinggi Sambut Gembira Tiga Terobosan Merdeka Belajar Episode Keenam

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Jamal Wiwoho (SMJkt/Prajtna Lydiasari)

 

Jakarta, Suaramerdekajkt.com – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Jamal Wiwoho mengaku sangat mengapresiasi peningkatan anggaran untuk perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di tahun 2021 yang terbilang cukup signifikan yakni sebesar 4,9 triliun rupiah dibandingkan pada 2020 yang hanya sebesar 2,9 triliun rupiah.

Kenaikan tersebut kemudian dibagi untuk disalurkan pada tiga terobosan, yaitu matching fund (dana penyeimbang kontribusi mitra) sebesar 250 miliar, competitive fund (dana pemilihan program kompetisi Kampus Merdeka) sebesar 500 miliar, dan alokasi insentif biaya operasional atau bantuan pendanaan bagi PTN dengan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang baik sebesar 1,3 triliun.

“Perguruan tinggi menyambut gembira adanya tiga terobosan ini karena diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan tentu apa yang disebut dengan pengangguran tak kentara atau pengangguran intelektual dapat ditekan,” kata Jamal beberapa waktu lalu.

Dengan adanya delapan IKU ini yang diperas menjadi tiga yakni kualitas lulusan, kualitas kurikulum, dan kualitas dosen serta tenaga pengajar rasanya mudah secara kuantitatif bisa dibentangkan terkait mau dibawa kemana perguruan tinggi di Indonesia dan lulusan-lulusannya.

“Peningkatan pendanaan juga bisa membuat perguruan tinggi berlari cepat dalam menyelaraskan diri antara kampus dengan industri,” harapnya.

Menurut Jamal, anggaran pendidikan tinggi di Indonesia selama ini masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan anggaran pendidikan tinggi di luar negeri. Keterbatasan anggaran ini berakibat pada mutu pendidikan yang dapat dilihat dari akreditasi masing-masing perguruan tinggi sebagai parameter mutu pendidikan tinggi. (nya/69)

BACA JUGA :  Dorong Manajemen Pendidikan Tinggi Lebih Modern Melalui Aplikasi Pindai Dikti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *