Inibakeryku, Solusi Di Tengah Pandemi

Naomi Susan dan Inibakeryku

JAKARTA, SuaraMerdekaJkt.com- Bagi sementara orang, pandemic Covid-19 ini disebut sebagai sebuah musibah besar, namun tidak bagi Naomi Susan. Ia justru melihat peluang yang luar biasa untuk berinovasi dan melahirkan karya. Jadilah Inibakeryku yang ternyata menjadi solusi bagi banyak orang untuk kembali bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemic Covid-19.

Bahkan berkat kreatifitas dan inovasinya itu, Naomi diganjar penghargaan Indonesia Best Choice Award 2020 dari Mediatama Award Management, sebagai salah satu smart business yang berhasil berkembang pesat di masa pandemic Covid-19 seperti sekarang ini.

‘’Penghargaan ini buah kerja keras tim Inibakeryku. Kami layak mendapat penghargaan ini, karena domino effect yang dihasilkan dari Inibakeryku. Menjadi solusi bagi teman-teman yang dirumahkan akibat pandemic ini. Menghasilkan pengusaha pengusaha roti baru dan membantu pengusaha roti di mal yang hampir gulung tikar, disamping juga membantu ojek online untuk pengantaran rotinya,’’ ungkap Naomi yang kini telah memiliki 11 dapur di Jakarta dan Salatiga.

Lewat Inibakeryku saya mencoba merealisasikan konsep bisnis dengan memberikan kesempatan kepada pengusaha yang ingin berbisnis di bidang bakery tanpa mereka harus memiliki satu mangkok pun tepung. Inibakeryku mensupport dengan menyediakan roti-rotinya, para pengusaha bakery ini hanya tinggal mendistribusikan dan memasarkan dengan brand mereka masing-masing. Mereka bebas memberi brand apa saja untuk produk-produk roti dari Inibakeryku.

‘’Saya tertarik mengembangkan bisnis ini karena saya yakin membuat apa yang saya jual, bukan menjual apa yang saya buat. Saya melihat marketnya sudah ada, kebutuhannya sudah ada, sehingga saya membuat apa yang saya akan jual. Momentum pandemi ini saya lihat sangat bagus karena disinilah semua solusi tersedia dan ini merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan perekonomian keluarga yang goyah karena Covid-19.,’’ ungkapnya.

BACA JUGA :  AirNav Indonesia Pastikan Layanan Navigasi Penerbangan Di Timur Indonesia Berjalan Optimal  

Untuk bergabung dengan Inibakeryku, mereka harus memberikan deposit sebesar Rp 5 juta. Mereka tidak perlu membayar franchise fee atau yang lain lagi. Deposit ini lebih dimaksudkan untuk menjaga komitmen dan jumlahnya akan berkurang sesuai dengan harga roti yang mereka ambil. Dikhawatirkan kalau tidak ada deposit, komitmen ini akan sangat lemah. Dalam jangka waktu tiga bulan, uang deposit ini harus habis terpakai untuk pembelian roti. Tapi dalam prakteknya sebagian besar mitra Inibakeryku menghabiskan deposit 5 juta hanya dalam jangka waktu 1 minggu.

‘’Secara konsep, Inibakeryku ada di belakang layar. Tapi kami menyuplai ke toko-toko roti, hotel, restoran dan pengusaha-pengusaha bakery baru dengan brand mereka sendiri. Konsepnya sangat sederhana sebenarnya, kita hanya menyuplai dan partner-partner kitalah yang mendistribusikan. Mereka bukan reseller, melainkan pengusaha bakery, karena mereka memakai brand mereka sendiri. Partner-partner kita inilah yang membuat ide-ide kreatif di pasaran dalam menjual roti-roti ini,’’ ungkap Naomi mengakhiri perbincangan dengan SuaraMerdekaJkt.com.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *