From Us For Earth SMA Sekolah Alam Cikeas Kepedulian Generasi Milenial Pada Lingkungan

BOGOR-SMA Sekolah Alam Cikeas belum lama ini menggelar kegiatan From Us For Earth (FUFE), sebuah kegiatan yang bertujuan mengajak generasi milenial untuk peduli pada lingkungan,

‘’Kegiatan berupa lomba gaya hidup ramah lingkungan yang dapat diterapkan di sekolah. Lomba terbuka untuk siswa-siswai tingkat SMP dan SMA yang diseluruh Indonesia. Lomba berupa rancangan ide yang dituangkan dalam bentuk proposal. Lomba ini melatih kemampuan siswa siswi dalam berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif dan mampu memecahkan masalah,’’ tutur Maisyafriana, Kepala Sekolah SMA Sekolah Alam Cikeas mengenai lomba yang diikuti oleh 60 peserta dari seluruh Indonesia ini.

Sementara itu, Direktur Sekolah Alam Cikeas, Kunti Indra K, menyambut baik acara ini. Ia menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh peserta dan panitia yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini, yang berarti berkontribusi berharga bagi penyelamatan bumi.

‘’Setiap kata bermakna bagi semesta, setiap aksi berarti bagi bumi, setiap anda adalah juara,’’ ungkap Kunti memberikan semangat.

Di tahun pertama From Us For Earth berfokus pada mengajak generasi milenial menemukan ide kreatif untuk melakukan gerakan kepedulian terhadap lingkungan yang diharakan bisa menjadi sebuah gaya hidup ramah lingkungan baik di rumah atau di sekolah.

Dalam lomba ini, peserta merancang ide yang berkaitan tentang aksi nyata dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkunan sebagai generasi milenial . Ide yang dirancang merupakan bentuk aksi nyata yang sederhana dan mudah di aplikasikan di rumah di sekolah maupun di lingkungan sekitar. Selanjutnya ide dituliskan dalam bentuk proposal dan dipresentasikan secara online

‘’Kami pikir sebuah pergeseran yang mengarah kepada gerakan Indonesia peduli lingkungan tidak dapat terjadi dalam sekejap. Perubahan secara bertahap memerlukan aksi-aksi kecil berkelanjutan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan kita,’’ tambah rafa Nugroho, Ketua OSIS Energia SMA Sekolah Alam Cikeas mengenai kegiatan yang digagasnya ini.

BACA JUGA :  Presiden : Kita Harus Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat

Dijuluki ‘masa depan bangsa’, lanjut Rafa, ia mengenal akan pentingnya peran remaja sebagai agen-agen perubahan. Maka dengan itu, acara From Us For Earth 2020 tingkat nasional mendorong aksi-aksi nyata yang dapat dilakukan di sekolah, di rumah, atau dimana pun demi menjaga lingkungan alam untuk bumi kita yang berharga ini.

Setelah melalui proses penjurian dan rangkaian webinar yang cukup panjang, panitia akhirnya menentukan pemenang untuk Tingkat SMA. Juara 1 direbut oleh MAN Sumatera Selatan, dengan judul proposal “AUNTY: Aksesoris Unik Terjamin Nyaman”. Juara 2 diraih SMAN 5 Malang, dengan judul proposal “Optimalisasi Potensi Buah Maja (Aegle marmelos L.) dan Daun Ceri (Muntingia calabura) Sebagai Energi Alternatif Berbasis Renewable Resources”, sementara Juara 3 direbut SMAN 1 Kuta Selatan, dengan judul proposal “Kampanye Zero Waste Food Lifestyle Sebagai Upaya Melindungi Bumi dari Pemanasan Global”.

Untuk Tingkat SMP, Juara 1 adalah SMP Citra Alam Ciganjur, dengan judul proposal “Wayang Plastik”, Juara 2 dimenangkan SMP Sekolah Alam Indonesia, dengan judul proposal “Junk Mania: Social Movement Project” dan Juara 3 dari SMPN 1 Bandar Sribhawono, dengan judul proposal “Aksi Nyata Generasi X dalam Upaya Menyelamatkan Bumi”

Menurut Rafa, dalam penjurian proposal ide ada 5 kategori yang ditetapkan oleh para juri antara lain adalah orisinalitas ide, manfaat penerapan, aplikasi, kemampuan dalam menjelaskan proposal, dan keahlian komunikasi dalam menjawab pertanyaan. Para pemenang yang terpilih memiliki tingkat keunikan ide dan potensi penerapan yang paling tinggi dibandingkan peserta yang lain.

‘’Kami telah mendapatkan banyak respons positif dari para peserta lomba hingga peserta webinar. Kami bangga telah membuat sebuah acara yang sangat berkesan bagi peserta-peserta kami,’’ ungkap Rafa.

Ia berharap, acara From Us For Earth 2020 tingkat nasional dapat menjadi percikan awal dari sebuah gerakan aksi peduli lingkungan di kalangan remaja. Ia juga berharap agar para pemenang dan juga para peserta From Us For Earth 2020 tingkat nasional dapat menjadi agen-agen yang mendorong perubahan di masa yang akan datang.

BACA JUGA :  Menristek : Lahirnya Pesawat N219 Bukti dari Implementasi Triple Helix

‘’Saya sebagai ketua OSIS ENERGIA SMA Sekolah Alam Cikeas masa bakti 2020-2021 berharap agar acara kami yang sukses ini dapat diselenggarakan kembali di tahun-tahun kedepan dengan lebih meriah dan lebih seru lagi,’’ tutur Rafa.(tn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *