19 Khufad UNU Purwokerto Bermunajat di Kampus Winduaji

BUMIAYU-Sebanyak 19 khufad atau orang yang telah selesai menghafal Al Quran, sembilan orang di antaranya khufadz dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jamiah Mengaji dan Tanfidz Al Qur’an (Jimat) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto bermunajat di Kampus Winduaji-UNU Purwokerto, Jumat (30/10). Munajat itu dilakukan dalam acara Rutinan Majelis Dzikir UNU-Purwokerto yang digelar di Pendopo Kampus Winduaji, Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Ketua Panitia Majelis Dzikir UNU Purwokerto-Kampus Winduaji, Solekhuddin mengungkapkan, acara majelis dzikir merupakan kegiatan rutinan yang diselenggarakan tiap Jumat pada akhir bulan. “Acara diselenggarakan dari pagi hingga malam hari,” ujar Soleh.

Dia menjelaskan, acara simakan Al Quran yang melibatkan 19 khufad di antaranya khufadz dari mahasiswa UNU Purwokerto dilaksanakan dari pagi hingga sore hari. “Mereka menghafal, membaca dan menyimak Al Quran 30 juz secara tuntas,” ujarnya.

Soleh mengatakan, acara dilanjutkan setelah sholat isya yakni maulid atau pembacaan kitab simtudduror, tahlil, istighosah dan kajian kitab Al-Ghayah wa At Taqrib atau Matan Abu Syuja. “Kajian Kitab Mukhtasar Abu Syuja dilakukan oleh Habib Ali Zaenal Abidin bin Umar Al Atas,” ujarnya.

Soleh mengatakan, acara rutian itu diselenggarakan oleh pengelola Kampus Winduaji-UNU Purwokerto bekerjasama dengan pengurus MWC NU Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Terpisah, Pembina UKM Jimate UNU Purwokerto, Ky Muhlisin Al Hafidz dalam sambutannya menyatakan, bangga atas banyaknya mahasiswa dan mahasiswi UNU Purwokerto yang telah hafal Al Quran 30 juz. Sehingga, para khufadz tersebut membentuk organisasi kemahasiswaan yakni UKM Jimat. “Jimat itu singkatan Jamiah Mengaji dan Tanfidz Al Quran,” jelasnya.

Muhlisin berharap, kegiataan itu diselenggarakan agar mendapatkan manfaat Al Quran. “Semoga kita mendapatkan safaatnya Al Qur’an,” ujarnya. (K24)

BACA JUGA :  Program Riset Keilmuan Terapan akan Relevansi terhadap Kebutuhan DUDI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *