Ini Upaya DKPP Cegah Covid-19 di lingkungan mereka

JAKARTA,Suara Merdeka.Com.- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum sebagai lembaga yang dikhususkan untuk mengimbangi dan mengawasi kinerja dari KPU dan Bawaslu serta jajarannya memiliki sejumlah upaya untuk mencegah Covid19 di lingkungan mereka.

Menurut Bernad Dermawan Sutrisno, Sekretaris DKPP RI sebagai lembaga pengawas kinerja KPU dan Bawaslu pihak DKPP menyadari potensi persebaran Covid19 di lingkungan internal DKPP maupun ketika mengadakan sidang perkara.

Untuk itu sejumlah langkah ditempuh sebagai pencegahan antara lain membatasi jumlah staf yang bekerja di kantor, rutin menyemprotkan disinfektan di ruangan kantor dan ruang sidang, menyediakan asupan vitamin untuk staf.

DKPP juga menyediakan hand sanitizer di setiap ruangan kantor, seluruh tamu dan staf yang akan memasuki gedung DKPP wajib menjalani cek suhu dan membersihkan tangan dengan cairan hand sanitizer.

Selain itu DKPP menjalankan kebijakan melakukan rapid test dan swab secara rutin untuk pimpinan dan seluruh staf maupun melakukan imbauan kepada staf untuk selalu melakukan 3M baik di lingkungan kerja dan di luar. Hal ini didukung kegiatan sosialisasi melalui media sosial DKPP, melakukan penempelan stiker dan banner sosialisasi internal untuk pencegahan Covid 19

Sementara untuk mencegah kontak fisik dilakukan kebijakan pengaduan dilakukan via online dan sidang putusan di Jakarta, tidak menghadirkan para pihak tetapi disiarkan malalui live streaming FB & Youtube DKPP.

Untuk sidang dan rakornis DKPP di daerah memfasilitasi para pihak dengan rapid test sebelum dimulai sedangkan kegiatan bimbingan teknis dilakukan di beberapa hotel secara paralel dalam satu kota, peserta di rapid terlebih dahulu juga menjaga jarak peserta.

Sedangkan jika ada staf maupun pimpinan DKPP pusat yang terpaksa melakukan perjalanan dinas ke daerah diupayakan dengan maskapai yang membatasi jumlah penumpang.

BACA JUGA :  Optimalkan Tumbuh Kembang Si Buah Hati Bersama DANCOW ParentFest Vol. 2

Selain itu, Bernad juga mengungkapkan bahwa DKPP menyiapkan antisipasi penyebaran Covid-19 dalam sidang DKPP, yaitu memfasilitasi tes rapid bagi seluruh pihak yang hadir dalam sidang ini. Tes rapid dilakukan satu jam sebelum sidang dimulai.

“Bagi pihak yang mendapat hasil reaktif, kami wajibkan mengikuti sidang secara virtual di luar ruangan sidang,” tutup Bernad.(AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *