Galeri Nasional Indonesia Presentasikan Perjalanan Maestro Lukis Affandi

JAKARTA, Suaramerdekajkt.com – Galeri Nasional Indonesia berterima kasih kepada Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjen Kebudayaan) yang telah memberikan kepercayaan kepada Galeri Nasional Indonesia untuk mempresentasikan kembali perjalanan kesenian seorang maestro lukis Indonesia yang telah mendunia, yaitu Affandi. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian dan menuju Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020.

Ditjen Kebudayaan melalui Galeri Nasional Indonesia menggelar pameran Imersif Affandi bertajuk “Alam, Ruang, Manusia” dan juga mendapat dukungan dari Museum Affandi, OHD Museum, Indonesian Visual Art Archive, dan Indonesian Heritage Society.

“Kami ucapkan terima kasih kepada tim Direktorat Jenderal Kebudayaan, Museum Affandi, keluarga besar Affandi, OHD Museum, Indonesian Visual Art Archive, Indonesian Heritage Society, kurator pameran, media massa, serta seluruh pihak yang turut menyukseskan pameran ini,” ujar Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto secara virtual di Jakarta, Senin (26/10).

Pameran Imersif Affandi dilaksanakan secara luring atau offline, sehingga publik dapat menikmati karya-karya Affandi secara langsung di Gedung A Galeri Nasional Indonesia. Pameran dapat dikunjungi mulai 27 Oktober hingga 25 November 2020, pukul 10.00-17.00 WIB.

“Dengan merespons situasi pandemi saat ini, maka jadwal kunjungan pameran ini dibagi dalam enam sesi dalam satu hari. Durasi masing-masing sesi adalah satu jam, dengan kapasitas pengunjung dua puluh orang untuk setiap sesinya,”

Tentunya Galeri Nasional Indonesia menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi setiap pengunjung, termasuk registrasi online sebelum kunjungan. Selain pameran, juga akan dilaksanakan program-program publik.

Pustanto menjelaskan bahwa pameran Imersif Affandi ini merupakan proyek imersif seri maestro seni rupa yang pertama bagi Galeri Nasional Indonesia. Dalam persiapannya, lanjut Pustanto, cukup banyak hal-hal baru yang kami belum pernah kami lakukan sebelumnya.

BACA JUGA :  Sambut Hari Anak Nasional, Galeri Nasional Indonesia Hadirkan Tur Virtual untuk Anak

“Hal itu menjadi sebuah tantangan bagi kami sekaligus semangat untuk dapat memberikan sajian yang menarik, berkualitas, serta sarat akan nilai-nilai edukatif,” jelasnya.

Ia mengatakan pameran ini bukan hanya soal hasil presentasi visualnya, namun juga wujud kerja sama dan kerja keras dari berbagai pihak yang terlibat, mulai dari lembaga penyelenggara, pihak-pihak yang mendukung, juga tim teknis di belakang layar.

“Tak luput pula peran media massa yang menyebarluaskan informasi pameran ini, serta publik yang mengapresiasi dengan berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia. Pameran Imersif Affandi boleh dibilang mengadaptasi filosofi hidup Affandi yang terkait dengan kerja keras, semangat, serta terus maju menghadapi tantangan zaman,” katanya.

Pustanto berharap pameran ini bisa menjadi inspirasi bersama sekaligus semangat hidup bagi semua untuk optimis melangkah menuju masa depan yang lebih baik. (nya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *