Pangandaran Diguncang Gempa 5,9 SR, Tidak Berpotensi Tsunami

PANGANDARAN, suaramerdeka.com – Gempa bumi dengan kekuatan 5,9 Skala Richter mengguncang Wilayah Pangandaran Minggu pagi, (25/10).

Dilansir laman laman resmi BMKG, gempa terjadi sekitar pukul 07.56 WIB. Pusat gempa ada di kedalaman 10 kilometer.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,2 LS dan 107,86 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km arah Barat Daya Kota Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 62 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” ujar Rahmat Triyono, dalam rilis yang diterima suaramerdeka.com.

Getaran gempa Pangandaran hari ini dirasakan di sebagian Sukabumi, Bandung, Kuningan, Tasikmalaya dan Garut.

BACA JUGA :  Diduga Sakit Jiwa, Pria Ini Nekat Bakar SPBU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *